Social Icons

Pages

Wednesday, December 14, 2022

Manfaat Pembelajaran dengan Menggunakan Media Kuis Classpoint

Manfaat Pembelajaran dengan Menggunakan Media Kuis

Classpoint

 

Oleh : Hendry Setiawan, S.Pd

 


Sumber : Gambar Pribadi PPT

 

Penggunaan media pembelajaran yang dapat dilakukan oleh seorang pendidik dapat mempengaruhi proses pembelajaran di dalam kelas. Dalam pembelajaran abad-21 ini, seorang pendidik juga harus dapat cakap menggunakan berbagai aplikasi untuk menunjang pembelajarannya terkait materi yang akan disampaikan. Kegiatan ini juga dapat membuat peserta didik akan merasakan pengalaman belajar yang berbeda dari yang biasanya. Maka dari itu sebagai fasilitator, pendidik juga harus terampil untuk menggunakan media yang menarik yang berkaitan dengan kecakapan abad-21 ini.

Walaupun banyak pro dan kontra dalam dunia pendidikan terkait penggunaan Smartphone yang digunakan oleh peserta didik di sekolah, namun tidak menutup kemungkinan bahwa peserta didik juga dapat memanfaatkan Smartphone ke hal yang positif. Jika seorang pendidik dapat mengarahkan peserta didiknya untuk menggunakan Smartphone pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas serta memberikan pengawasan terkait penggunaannya. Dengan memanfaatkan Smartphone tersebut ke dalam pembelajaran, pendidik maupun peserta didik akan sangat terbantu,

Salah satunya yaitu, menggunakan media kuis Online yang dapat digunakan oleh pendidik. Adpaun beberapa media kuis yang dapat digunakan yaitu diantaranya, Kahoot, Classpoint, Googleform, Quiziz, dan lain sebagainya. Penulis memilih media kuis Classpoint, karena dapat terintegrasi dengan PowerPoint. Penggunaan media ini menggunakan jaringan, di mana peserta didik dapat mengakses alamatnya di Smartphone mereka dengan mengetikan https://classpoint.app. Mereka akan diminta untuk memasukan username dan code class. Penggunaan media kuis interaktif ini bisa membuat peserta didik semangat untuk mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas.

Mereka akan berpacu pada kecepatan dan ketepatan dalam menjawab kuis yang disajikan di layar Smartphonenya. Karena dalam media ini menggunakan waktu dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Sehingga mereka dapat berlomba untuk mendapatkan skor tertinggi dalam menjawab pertanyaan. Penggunaan media interaktif ini dapat memicu proses berpikir siswa untuk menentukan jawaban yang berupa esai maupun pilihan ganda.

 


No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Terima Kasih Telah Mengunjungi blog saya

Sample Text