Manfaat Pembelajaran dengan Menggunakan Media
Kuis
Classpoint
Oleh : Hendry Setiawan, S.Pd
Sumber : Gambar Pribadi
PPT
Penggunaan media
pembelajaran yang dapat dilakukan oleh seorang pendidik dapat mempengaruhi
proses pembelajaran di dalam kelas. Dalam pembelajaran abad-21 ini, seorang
pendidik juga harus dapat cakap menggunakan berbagai aplikasi untuk menunjang
pembelajarannya terkait materi yang akan disampaikan. Kegiatan ini juga dapat
membuat peserta didik akan merasakan pengalaman belajar yang berbeda dari yang
biasanya. Maka dari itu sebagai fasilitator, pendidik juga harus terampil untuk
menggunakan media yang menarik yang berkaitan dengan kecakapan abad-21 ini.
Walaupun banyak pro
dan kontra dalam dunia pendidikan terkait penggunaan Smartphone yang digunakan oleh peserta didik di sekolah, namun
tidak menutup kemungkinan bahwa peserta didik juga dapat memanfaatkan Smartphone ke hal yang positif. Jika
seorang pendidik dapat mengarahkan peserta didiknya untuk menggunakan Smartphone pada kegiatan pembelajaran di
dalam kelas serta memberikan pengawasan terkait penggunaannya. Dengan memanfaatkan
Smartphone tersebut ke dalam
pembelajaran, pendidik maupun peserta didik akan sangat terbantu,
Salah satunya yaitu, menggunakan
media kuis Online yang dapat
digunakan oleh pendidik. Adpaun beberapa media kuis yang dapat digunakan yaitu
diantaranya, Kahoot, Classpoint,
Googleform, Quiziz, dan lain sebagainya. Penulis memilih media kuis Classpoint, karena dapat terintegrasi
dengan PowerPoint. Penggunaan media
ini menggunakan jaringan, di mana peserta didik dapat mengakses alamatnya di Smartphone mereka dengan mengetikan https://classpoint.app.
Mereka akan diminta untuk memasukan username
dan code class. Penggunaan media
kuis interaktif ini bisa membuat peserta didik semangat untuk mengikuti proses
pembelajaran di dalam kelas.
Mereka akan berpacu
pada kecepatan dan ketepatan dalam menjawab kuis yang disajikan di layar Smartphonenya. Karena dalam media ini
menggunakan waktu dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Sehingga mereka
dapat berlomba untuk mendapatkan skor tertinggi dalam menjawab pertanyaan. Penggunaan
media interaktif ini dapat memicu proses berpikir siswa untuk menentukan
jawaban yang berupa esai maupun pilihan ganda.
No comments:
Post a Comment