LEMBAR KERJA
SISWA
RENCANA AKSI 2
MENYAJIKAN
TEKS BERITA SECARA TULIS DAN LISAN
Nama Siswa :
Kelas :
No. Absen :
Nama Kelompok :
A.
PETUNJUK
PENGGUNAAN LKPD
1. Bentuklah
kelompok yang terdiri dari 5-6 orang.
2. Setiap individu dan kelompok harus membaca LKPD
dengan seksama.
3. Diskusikan setiap masalah yang ada di LKPD kepada
sesama anggota kelompok.
4. Mintalah bantuan guru jika ada yang belum dipahami
B.
KOMPETENSI YANG
DICAPAI
3.2 Menelaah
struktur dan
kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.2
Menyajikan
data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik,
dan kinesik).
C.
INFORMASI
PENDUKUNG
Sebelum menyajikan
teks berita secara tulis dan lisan, peserta didik diharapkan membaca materi
yang sudah dipelajari.
D.
TUGAS DAN
LANGKAH KERJA
Bacalah dengan
seksama materi pembelajaran tentang teks berita untuk dapat :
1.
Menentukan
langkah-langkah menulis berita.
2.
Menyajikan teks
berita secara tertulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan teks berita.
3. Menyajikan teks berita secara lisan dengan
memperhatikan aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik).
Tugas dan
Langkah
Keterampilan
Pertemuan ke 1
Menyajikan Teks Berita
secara Tertulis
Nama Kelompok :
Nama Anggota :
Kelas : |
………………………………
1.
……………………………… 2.
……………………………… 3.
……………………………… 4.
……………………………… 5.
……………………………… 6.
……………………………… |
Tujuan
Pembelajaran
Selama
mengikuti proses pembelajaran melalui pendekatan TPACK dengan menerapkan model PjBL,
dan metode diskusi, serta tanya jawab, maka peserta didik diharapkan mampu: 1)
menentukan langkah-langkah menulis berita; 2) menyajikan teks berita secara
tertulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaanya.
Karakter : jujur, disiplin, dan bertanggung
jawab
Kerjakanlah soal berikut ini!
1. Tentukanlah
langkah-langkah dalam meyajikan berita terlebih dahulu!
Langkah Menyajikan Berita |
Kalimat |
Menentukan peristiwa |
|
Teknik pengumpulan informasi |
|
Mencatat hal-hal penting
(5W+1H) |
|
Membuat kerangka berita |
|
2. Berdasarkan
hasil langkah-langkah menyajikan teks berita yang sudah dibuat, tulislah teks
berita secara utuh dengan memperhatikan
struktur dan kebahasaannya!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
No comments:
Post a Comment