Social Icons

Pages

Saturday, June 1, 2024

Format Kisi-Kisi Soal

 FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL


 

Jenis sekolah         : SMP Negeri 12 Pontianak                   Jumlah soal           : 50

Mata pelajaran       : Bahasa Indonesia                                 Bentuk soal/tes      : PG

Kelas/Semester      : VII/Genap                                            Alokasi waktu       : 80 menit

No.

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

No. soal

1

3.9  Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar

Kegiatan A dan B

Pengetahuan

a.      Pengertian puisi rakyat

b.     Jenis puisi rakyat

c.      Tujuan komunikasi puisi rakyat

d.     Persamaan dan perbedaan puisi rakyat (syair, gurindam, pantun)

e.      Kata berima pada puisi rakyat

f.      Makna kata/ ungkapan pada puisi rakyat

 

1.     Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.

2.     Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks yang dibaca/didengar

3.     Mendaftar kata/ kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks yang dibaca/didengar

 

1

2

3

4

5

6

7

8

9

2

4.9 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis

1.     Menyimpulkan isi pantun.

2.     Menyimpulkan isi syair.

3.     Menyimpulkan isi gurindam

10

11

3

3.10 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar

Pengetahuan

a.      Struktur puisi rakyat.

b.     Karakteristik tiap bagian puisi rakyat.

c.      Contoh cara melengkapi puisi rakyat.

d.     Contoh variasi puisi rakyat dari segi kalimat yang digunakan.

e.      Contoh penggunaan kata/ kalimat pada puisi rakyat (pantun)

f.      Contoh langkah penyusunan puisi rakyat.

g.     Contoh variasi sampiran pantun dengan beragam tema.

h.     Contoh variasi isi pantun dengan beragam tema.

 

1.     Menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun

2.     Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun

3.     Melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya

4.     Memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun

5.     Mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa

6.     Memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca

 

12

13

14

15

 

4

3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/ legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

 

Pengetahuan

a.      Pengertian cerita fabel

b.     Jenis cerita fabel

c.      Tujuan komunikasi cerita fabel

d.     Pola pengembangan isi pada cerita fabel

 

1.     Menyimpulkan ciri unsur cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar.

2.     Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel pada teks yang dibaca/didengar

 

16

17

18

19

20

21

22

23

24

5

3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/ legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar

 

Pengetahuan

  1. Struktur cerita fabel

b.     Karakteristik tiap bagian struktur cerita fabel

c.     Prinsip dan contoh cara melengkapi cerita fabel

d.     Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kata sambung yang berkaitan dengan waktu (seketika, seraya, sambil, kemudian, setelah itu, akhirnya) , kata sambung sebab-akibat (karena, karena itu), syarat dan kondisi (jika, seandainya).

e.     Prinsip dan contoh kalimat langsung dan tidak langsung pada cerita fabel

f.      Prinsip dan contoh penggunaan diksi/ kalimat dalam cerita.

g.     Prinsip dan contoh tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar

h.     Contoh langkah penyusunan cerita fabel

i.      Contoh variasi judul pada cerita fabel

j.      Contoh variasi bagian orientasi

k.     Contoh variasi bagian komplikasi

l.      Contoh variasi bagian resolusi

m.    Contoh variasi bagian koda

n.     Aspek-aspek yang disunting pada cerita fabel

 

1.     Menjelaskan karakteristik bagian-bagian struktur cerita fabel.

2.     Mengidentifikasi struktur fabel.

3.     Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada cerita fabel.

4.     Melengkapi cerita fabel sesuai struktur dan kaidah bahasa

5.     Memvariasikan alur, dialog, latar, dari fabel yang disajikan

6.     Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca

25

26

27

28

29

30

 

3.14 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.

 

4.14 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi.

Kegiatan C dan D

Pengetahuan

a.     Struktur surat pribadi dan surat dinas.

b.     Karakteristik tiap bagian surat pribadi dan surat dinas.

c.     Contoh cara melengkapi surat pribadi dan surat dinas.

d.     Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian.

e.     Contoh sinonim dan hiponim pada surat pribadi dan surat dinas.

f.      Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar.

g.     Contoh langkah penyusunan surat pribadi dan surat dinas.

h.     Contoh variasi judul pada surat pribadi dan surat dinas.

i.      Contoh variasi identifikasi.

j.      Contoh variasi rincian bagian

 

Keterampilan

a.     Praktik melengkapi struktur isi surat pribadi dan surat dinas (melengkapi bagian identifikasi/ gambaran umum, deskripsi bagian).

b.     Praktik melengkapi kata/ kalimat.

c.     Praktik membuat telaah ketepatan struktur dan

1.     Mampu menyebutkan struktur surat

2.     Mampu menentukan bagian-bagian pada surat yang disajikan

3.     Mampu menelaah unsur kebahasaan surat

4.     Mampu memperbaiki kesalahan dari segi struktur, penggunan bahasa dan tanda baca berdasarkan kaidah ejaan bahasa Indonesia

31

32

33

34

35

36

37

38

39

40

41

42

43

44

 

 

3.9         Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi

 

4.9         Menyajikan tanggapan secara lisan, tulis dan visual terhadap isi buku fiksi/nonfiksi yang dibaca

 

a.     Mendata  bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa dalam buku, dan sistematika buku

b.     Menyusun tanggapan  dalam bentuk komentar terhadap isi, sistematika, kebermaknaan buku, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan

c.     Memublikasikan komentar terhadap buku  yang dibaca

 

1.              Menelaah unsur buku fiksi yang bisa dikomentari

2.                Menelaah unsur buku nonfiksi yang bisa dikomentari

3.              Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku nonfiksi

 

4.              Perbedaan unsur buku fiksi dengan buku nonfiksi

  5.           Membuat komentar tentang buku fiksi yang dibaca

  6.            Membuat komentar tentang buku nonfiksi yang dibaca

 

45

46

47

48

49

50

 

Guru Mapel

 

       Hendry Setiawan, S.Pd


No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Terima Kasih Telah Mengunjungi blog saya

Sample Text