Social Icons

Pages

Thursday, February 9, 2017

Musikalisasi Puisi "Kehilangan" SMP Negeri 25 Pontianak 2016/2017

Musikalisasi Puisi "IBU" SMP Negeri 25 Pontianak 2016/2017

Menemukan Masalah Utama dari Berbagai Berita yang Bertopik Sama melalui membaca Ekstensif

Standar Kompetensi
:
11. Memahami garam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
Kompetensi Dasar
:
11.1 Menemukan masalah utama dari berbagai berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
Indikator
:
1.    Siswa mampu mendata masalah-masalah dari tiap-tiap berita
2.    Siswa mampu menentukan masalah utama dari tiap-tiap berita
3.    Siswa mampu menyimpulkan kesamaan masalah melalui kegiatan membandingkan beberapa berita

bye: Hendry Setiawan, S.Pd


A.     Kajian Materi
Membaca ekstensif merupakan kegiatan membaca yang dilakukan dengan cara tidak begitu detail. Dalam hal ini, kegiatan membaca ditujukan untuk mendapatkan informasi yang bersifat pokok-pokok penting dan bukan hal yang sifatnya terperinci. Berdasarkan informasi pokok tersebut, kita sudah dapat melihat atau menarik kesimpulan mengenai pokok bahasan atau masalah utama yang dibicarakan. Melalui kegiatan membaca ekstensif, kalian dapat menemukan sebuah pokok masalah atau hal utama dari sebuah teks bacaan dengan cepat. Jadi, jika kalian membaca beberapa teks bacaan, kalian dapat menarik kesimpulan mengenai teks yang memiliki masalah utama yang sama, meski pembahasan detailnya berbeda.
Tujuan membaca ekstensif yaitu untuk memahami isi bacaan yang penting dengan cepat.
Ada dua hal yang bisa dicari dengan membaca ekstensif:    
1.      Mencari persamaan dan perbedaan informasi dalam beberapa teks bertopik sama
2.      Mendapatkan masalah berdasarkan bahan lebih dari satu bacaan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam membaca ekstensif.
1.      Carialah topik yang sama dari berbagai media.
2.      Kumpulkan beberapa bacaan yang bertopik sama.
3.      Bacalah sekilas judul bacaan tersebut.
4.      Bacalah paragraf pertama dan terakhir. Biasanya kedua paragraf tersebut mengemukakan informasi penting.
5.      Teliti secara sekilas petunjuk-petunjuk lain mengenai informasi yang dibicarakandalam bacaan tersebut.
Setelah membaca ekstensif, kamu akan mendapatkan informasi dari bacaan tersebut.
Informasi adalah kabar atau berita tentang sesuatu. Informasi dapat ditemukan dengan ketentuan berikut.
1.      Orang yang diberitakan.
2.      Peristiwa yang diberitakan.
3.      Waktu terjadinya peristiwa.
4.      Tempat peristiwa tersebut terjadi.
5.      Penyebab peristiwa tersebut terjadi.
6.      Proses peristiwa tersebut terjadi.
Dengan membaca ekstensif pada beberapa teks berita, kita dapat menarik kesimpulan mengenai teks yang memiliki masalah utama yang sama, walaupun pembahasan detailnya berbeda. Sebelum kalian menyimpulkan masalah utama dari beberapa teks yang bertopik sama, kalian perlu memerhatikan hal-hal berikut.
1.      Membaca kedua teks secara keseluruhan, sehingga mendapatkan pemahaman terhadap kedua isi teks.
2.      Memahami pokok-pokok penting yang disampaikan dalam masing-masing teks.
3.      Membandingkan kedua teks, sehingga memperoleh gambaran adanya persamaan dan perbedaannya.
4.      8-Point Star: 20Menarik kesimpulan mengenai masalah utama dari kedua teks.

Aktivitas pembelajaran yang harus kamu lakukan untuk menguasai kompetensi menemukan masalah utama dari beberapa berita bertopik sama adalah (1) mengenali inti berita untuk menyusun rangkuman, (2) membandingkan isi dua teks yang hampir sama temanya, (3) merangkum isi dua teks yang hampir sama temanya, dan (4) menilai rangkuman yang dibuat.
Perbandingan yang terdapat pada kedua teks berita yang bertopik sama, seperti berikut ini.
No.
Hal yang Dibandingkan
Teks 1
Teks 2
1.
2.

Perhatikan contoh  teks berita berikut!
Teks Berita I
Teks Berita II
Warga berjalan melewati air yang merendam jalan-jalan di wilayah Kudus, Minggu (4/12). Akibat hujan turun terus-menerus sejak Sabtu (3/12), sungai-sungai meluap dan merendam “Kota Kretek” tersebut. Akibat banjir tersebut ribuan rumah tenggelam, sekolah, perkantoran, dan persawahan juga tenggelam.

Kudus (KR)- Setidaknya 2 orang tewas akibat banjir bandang yang melanda Kudus, setelah diguyur hujan deras sepanjang Sabtu siang hingga Minggu (4/12) dinihari. Hingga kemarin, genangan banjir setinggi 0,5 meter hingga 1,5 meter menenggelamkan ribuan rumah, sekolah, perkantoran, dan ratusan hektare sawah di wilayah Kecamatan Mejobo Kudus.

Masalah utama pada kedua teks berita tersebut yaitu:
No.
Masalah Utama Berita
Teks Berita 1
Teks berita II
1
Hujan yang mengguyur di wilayah kudus
Banjir bandang yang menewaskan 2 orang di Kudus
2
Luapan sungai yang mengakibatkan Kota Kretek terendam banjir
Hujan deras yang mengakibatkan genangan air mencapai 0,5 meter hingga 1,5 meter
3
Banjir mengakibatkan ribuan rumah terendam, perkantoran, sekolah dan fasilitas yang ada di Kota Kretek
Banjir bandang yang melanda wilayah Kudus, Kecamatan Mejobo mengakibatkan ribuan rumah, sekolah, dan perkatoran maupun fasilitas yang ada terendam banjir

Dari kedua berita tersebut terdapat hal yang dibandingkan yaitu;
No.
Unsur-unsur yang dianalisis
Teks I
Teks II
1.
Persamaan isi berita
Berita tentang banjir
Berita tentang banjir
2.
Perbedaan pokok berita yang diutamakan
Mengutamakan akibat terhadap lingkungan
Mengutamakan akibat korban
3.
Perbedaan penyajian berita
siapa-di mana-kapan-mengapa-bagaimana,
siapa-mengapa-bagaimana-kapan-di mana
Kesimpulan yang terdapat pada kedua teks berita tersebut adalah;

8-Point Star: 21Teks berita 1
Hujan yang terus-menerus mengakibatkan banjir pada wilayah kudus sejak Sabtu (3/12), akibat hujan terebut ribuan rumah, sekolah, perkantoran, dan persawahan terendam banjir.
Teks berita II
Banjir bandang di wilayah Kudus Kecamatan Mejobo setelah diguyur hujan sejak Minggu (4/12), banjir bandang tersebut mencapai ketinggian 0,5 meter hingga 1,5 meter yang menewaskan 2 orang warga Kudus.

Flowchart: Punched Tape: UJI KEMAMPUAN 



B.     Kegiatan Siswa
1.      Cermatilah kedua teks berita berikut
Teks Berita I
Teks Berita II
Pontianak - Kabut asap yang menyelimuti Kota Pontianak dan sekitarnya semakin pekat dan tebal. Walaupun demikian, warga masyarakat jarang menggunakan masker saat bepergian keluar rumah.
Berdasarkan pantauan pagi ini, kabut asap tebal pada pagi dan sore menjelang malam.
Sebenarnya, pada pekan lalu, kabut asap sudah sempat hilang dari udara Kota Pontianak. Namun tiga hari terakhir ini kabut asap sangat tebal dan pekat.
Kepala Badan Metrologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pontianak, J A Damanik, mengatakan, kemungkinan besar kabut asap yang menyelimuti Kota Pontianak adalah kiriman dari daerah lain, karena berdasarkan informasi yang diterima dari Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (Modis), tidak ada titik api di Kalimantan Barat (Kalbar) dan berdasarkan satelit NOAA, hanya ada tujuh titik.
Pada Senin (19/10), kualitas udara di Pontianak sempat mencapai angka berbahaya, khususnya pada sore hari. Namun, kualitas udara sempat mencapai angka tidak sehat, kemudian kembali lagi menjadi berbahaya," katanya, Pontianak, Selasa (20/10).
Ia berharap, warga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap api yang membakar lahan, sehingga segera dipadamkan dan tak menimbulkan kebakaran besar. Hujan sendiri diprediksi akan mulai turun pada minggu depan atau awal November.
Sumber : Beritasatu.com
Pontianak – Bencana kabut asap yang terus berlangsung menyebabkan ribuan warga Pontianak, Kalimantan Barat terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Pemda setempat sudah berupaya maksimal untuk mengatasi persoalan warga yang terserang ISPA.
Wakil Wali Kota Pontianak, Edy Rusdi Kamtono mengatakan, periode terparah untuk warga yang terserang ISPA di Kota Pontianak adalah pada Juli hingga September 2015. “Jumlahnya sudah mencapai 7.000 jiwa,” ungkapnya kepada Okezone usai melaksanakan rapat penanggulangan asap di Bapeda Pontianak, Rabu (30/9/2015).
Menurutnya, Pemkot Pontianak sendiri telah berupaya melakukan penanggulangan bencana ini salah satunya dengan membagikan ribuan masker untuk masyarakat sekitar. “Selain masker, kami juga telah mempersiapkan alat-alat kesehatan yang diperlukan, kesiapan SDM serta obat-obatan untuk korban ISPA,” jelasnya.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu Widiyoni menyatakan, terhadap kasus ISPA saat ini Pemkot Pontianak telah melakukan evaluasi harian. “Untuk kasus ini di Puskesmas diperkirakan bisa meningkat sebanyak 100 persen. Penderita ISPA banyak dialami anak-anak,” katanya.
8-Point Star: 22Ia menambahkan, untuk kunjungan warga ke Puskesmas meningkat dua kali lipat dari hari biasanya meski belum masuk dalam kategori tanggap darurat. “Saat ini status tetap siaga tetapi rumah sakit dan puskesmas sudah diminta menyiapkan logistik dan menghitung ketersediaan obat-obatannya,” pungkasnya.
Sumber: Okezone.com

2.      Pahamilah isi teks berita tersebut
3.      Bentuklah kelompok yang terdiri dari 4-5 orang
4.      Diskusikanlah pernyataan pada kedua teks berita tersebut
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
a.       Tentukanlah masalah umum yang terdapat pada kedua teks berita tersbut!
No.
Teks Berita I
Teks Berita II
1
.............................................................
............................................................
...........................................................
.......................................................................
.........................................................................
....................................................................
2
.............................................................
............................................................
...........................................................
.......................................................................
.........................................................................
....................................................................
3
.............................................................
............................................................
...........................................................
.......................................................................
.........................................................................
....................................................................
4
.............................................................
............................................................
...........................................................
.......................................................................
.........................................................................
....................................................................
5
.............................................................
............................................................
...........................................................
.......................................................................
.........................................................................
....................................................................
6
.............................................................
............................................................
...........................................................
.......................................................................
.........................................................................
....................................................................
7
.............................................................
............................................................
...........................................................
.......................................................................
.........................................................................
....................................................................

b.  Tentukan perbandingan dari kedua berita tersebut
No.
Unsur-unsur yang dianalisis
Teks I
Teks II
1.
Persamaan isi berita
……………………………
……………………………
……………………………...
……………………………...
2.
Perbedaan pokok berita yang diutamakan
……………………………
……………………………
……………………………...
……………………………...
3.
Perbedaan penyajian berita
……………………………
……………………………
8-Point Star: 23……………………………...
……………………………...
c.  Simpulkan kedua isi berita tersebut
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....
5.      Siswa melaporkan hasil diskusi
Rubrik Penilaian
No
Apek penilaian
Skor
Perolehan
1.



2.



3


Ketepatan mendata masalah setiap tens berita
-  Semua tepat
-  Sebagian tepat
-  Tidak tepat semua
Ketepatan masalah utama setiap teks berita
-   Tepat
-   Kurang tepat
-   Tidak tepat
Ketepatan menyimpulkan kesamaan masalah dari  beberapa teks berita
-  Tepat semua
-  Sebagian tepat
-  Tidak tepat semua


5
3
1

5
3
1


5
3
1


Jumlah skor maksimum
15


Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100

Nilai akhir  : Perolehan skor          X 100  =
                      Skor maksimum (15)
C.     Refleksi
Refleksi Siswa
Komentar Guru
Paraf
.............................................................................
.............................................................................
.............................................................................
......................................................
......................................................
......................................................
Guru: ..............
Orang tua: .......
bye: Hendry Setiawan, S.Pd
8-Point Star: 24

 

Sample text

Sample Text

Terima Kasih Telah Mengunjungi blog saya

Sample Text